TABUNGAN INVESTASI | UNIT LINK | 3I-NETWORKS | CAR | MEMBER OF SALIM GROUP | OJK

PERENCANA KEUANGAN

 

BERBAGAI VIDEO TIPS DAN STRATEGI

PERENCANAAN KEUANGAN PRIBADI DAN KELUARGA



TABUNGAN , INVESTASI , ATAU ASURANSI ? 

Saat ini masyarakat Indonesia seringkali dibuat rancu dengan banyaknya produk keuangan yang mengatasnamakan tabungan, investasi, dan asuransi. Saking bingungnya, mereka juga tanpa sadar seringkali melakukan kesalahan dalam membuat perencanaan keuangan. Tujuan keuangan yang harusnya dipersiapkan dengan investasi, justru mengambil produk asuransi. Saat butuh proteksi, ternyata yang diambil malah tabungan investasi. Hal ini memang kurang lebih merupakan kontribusi dari pihak bank, perusahaan asuransi dan juga penyedia layanan investasi yang melakukan branding produk kombinasi tanpa edukasi yang benar kepada masyarakat.

 
Coba amati di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Ada begitu banyak ragam produk perbankan dengan berbagai kemasan dan iming-iming yang mencuat ke peredaran. Promosi produk mulai dari tabungan berhadiah elektronik, gadget, ibadah haji, atau pun rumah dan mobil mewah sekilas terlihat sangat menggiurkan. Ditambah lagi produk kreatif lainnya yang bermunculan dalam bentuk tabungan yang dipaketkan dengan perlindungan asuransi, baik asuransi jiwa ataupun kesehatan; hasil kerjasama pihak bank dengan perusahaan asuransi tertentu dan bahkan ada juga yang dikombinasikan dengan paket investasi. Semakin membingungkan, bukan?
Pada umumnya, masyarakat mengambil produk keuangan atas dasar prospek dari marketing bank atau agen asuransi.

 

Tiap produk keuangan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Produk tabungan contohnya. Ada yang berupa tabungan biasa yang bisa diambil setiap saat, ada juga dengan sistem kontrak seperti deposito. Sedangkan investasi reksa dana, memang dapat dicairkan kapan saja, tanpa dibatasi, tetapi jika dilihat dari imbal balik nilai investasi hasil reksa dana pun akan berpotensi jauh lebih besar jika Anda meneruskan investasi tersebut ke tahun-tahun berikutnya.
Dalam hukum investasi, berlaku high risk, high return, yang artinya adalah semakin besar imbal balik, maka makin besar pula risikonya. Dengan potensi pendapatan yang lebih besar, risiko reksa dana memang lebih besar dibanding tabungan. Akan tetapi dengan strategi yang baik, Anda dapat ikut mendulang manisnya rezeki dari produk investasi reksa dana.

Sekarang saatnya untuk memilih apakah mau menggunakan tabungan, produk investasi, atau asuransi. Setelah mengetahui poin-poin penting yang telah kami sampaikan di atas, pasti Anda bisa menyimpulkan salah satu produk yang sekiranya paling sesuai dengan Anda. Dalam menentukan pilihan, hal yang terpenting adalah mengerti kemampuan keuangan diri sendiri. Jangan sampai Anda mengambil suatu produk tanpa persiapan matang, dan pada akhirnya malah Anda mengalami kerugian.


 


 

HATI -HATI DAN WASPADA TERHADAP PENIPUAN INVESTASI BODONG

Memiliki investasi jelas merupakan sebuah cara terbaik untuk menambah dana yang ditanamkan sehingga bisa berkembang dan menjadi berlipat meskipun membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Hanya saja maraknya penipuan saat ini dengan kedok investasi semakin marak dan bisa membuat dana Anda ludes tak berjejak. Untuk itu Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari investasi bodong (penipuan investasi) sehingga bisa terhindar dari penipuan dan memilih dengan benar perusahaan lembaga keuangan yang memang terbukti dan terpercaya.

 
Seringkali banyak orang yang tergiur dengan janji-janji dari pihak yang mengaku sebagai agen investasi. Namun tak sedikit yang akhirnya harus kecewa dan marah karena dana yang disetorkan justru harus menghilang dan raib tanpa bisa kembali. Meskipun penipu bisa tertangkap, namun belum tentu jika dana Anda yang hilang bisa kembali. Tentunya hal ini akan membuat Anda mengalami kerugian yang besar dan juga tak terelakkan. Tak hanya ratusan ribu atau pun jutaan, namun investasi bodong ini juga bisa membuat Anda merugi hingga ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Bukan hanya penipu yang bersalah dalam kejadian ini namun kurangnya pengetahuan Anda mengenai seluk beluk investasi juga menjadi kendala. Apalagi kejadian seperti ini sering terjadi di Indonesia dan seolah penipu tak jera untuk melakukannya.

 
Oleh sebab itu, Andalah yang harus mengetahui ciri-ciri dari investasi bodong atau investasi yang palsu sebagai berikut:

 
1. Badan hukum yang menaunginya tak jelas

Dalam melakukan investasi, Anda harus benar-benar meneliti terlebih dahulu secara rinci mengenai perusahaan lembaga keuangan tersebut. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyelidiki badan izin yang menaungi perusahaan itu. Sebuah lembaga keuangan haruslah memiliki badan hukum resmi dari pemerintah sekaligus mempunyai izin usaha yang lengkap untuk beredar di Indonesia sekaligus memberikan pelayanan mengenai keuangan dan investasi. Jika dari segi perijinan saja sudah memiliki masalah, maka sebaiknya Anda menarik diri dan memilih investasi lainnya meskipun perusahaan terkait memberikan penawaran yang menggiurkan untuk Anda. Izin usaha yang dimaksud disini bukanlah SIUP karena SIUP tidak dikeluarkan untuk sebuah perusahaan yang menghimpun dana dari masyarakat ataupun melakukan pengelolaan dana investasi. SIUP hanya untuk mereka yang bergerak di bidang perdagangan atau produksi. Cari tahu ijin resminya melalui situs OJK, Bapepam, dan BI yang menaungi lembaga keuangan.


2.Jenis investasinya sangat aman

Seringkali para penipu yang berkedok investasi memberikan jaminan sangat tinggi pada para pelanggannya. Caranya adalah menawarkan hasil return yang tinggi bahkan mereka bisa memastikannya dengan prosentase hasil return. Selain itu mereka juga akan menjelaskan bila produk investasi yang ditawarkan telah mendapatkan jaminan dari pemerintah. Namun intinya disini adalah investasi bodong akan menawarkan hasil yang tidak rasional sama sekali bahkan tergolong fantastis demi mendapatkan keuntungan besar. Jika Anda menemukan perusahaan yang mecurigakan seperti ini, maka ada baiknya untuk menghubungi dengan segera OJK atau Otoritas jasa keuangan.
 

 

3. Hasil yang ditawarkan sangat menggiurkan

Investasi bodong seringkali hanya menawarkan keuntungan yang membuat Anda benar-benar tertarik untuk mengikutinya sekaligus bersemangat untuk menanamkan modal dalam bentuk instrumen investasi tersebut. Bahkan mereka mengatakan jika keuntungan yang diperoleh tiap bulan nominalnya pasti dan tak berubah padahal perlu diketahui jika perolehan nilai investasi selalu mengalami perubahan karena beberapa faktor termasuk juga dengan perubahan tingkat suku bunga sehingga tidak ada nilai investasi yang tetap. Selain itu, mereka juga akan menawarkan penarikan dana dengan mudah dimana para investor bisa menarik dana kapanpun dan dimanapun. Tentunya hal ini tidak benar karena peroses investasi memiliki jangka waktu tertentu meskipun instrumen investasinya jangka pendek. Satu-satunya yang bisa diambil dengan mudah adalah tabungan.
 

Semoga dengan mengetahui ciri-ciri investasi bodong, maka Anda bisa memilih lembaga keuangan yang tepat untuk menanamkan modal Anda demi keuntungan di masa depan.

 


CIRI - CIRI INVESTASI BODONG MENURUT VERSI OTORITAS JASA KEUANGAN [OJK]

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga negara yang dibentuk dengan salah satu tujuan untuk melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat melalui penyediaan layanan konsumen terintegrasi, telah menerima berbagai informasi yang diterima dari masyarakat terkait dengan penawaran investasi. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menyoroti maraknya aktivitas investasi ilegal yang disebut juga sebagai investasi bodong di Indonesia.


Berikut ciri-ciri investasi bodong versi Otoritas Jasa Keuangan [OJK] :

1. Kegiatan tidak ada izin usaha dari instansi yang berwenang
2. Tidak adanya penjelasan tentang underlying usaha kegiatan investasi yang memenuhi aspoek kewajaran dan       kepatuhan di setiap kegiatan investasi
3. Tidak adanya penjelasan tentang cara pengelolaan investasinya
4. Struktur kepengurusan, kepemilikan, kegiatan usaha dan alamat domisili usaha tidak jelas
5. Kegiatan yang dilakukan menyerupai permainan uang dan ponzi scheme yang sangat berisiko menyebabkan terjadinya kegagalan untuk mengembalikan dana masyarakat

 

Kepala Departemen Penyidikan Sektor Jasa Keuangan OJK Rusli Nasution mengatakan biasanya masyarakat sudah terlebih dahulu tergiur dengan imbal hasil yang besar, sehingga logika untuk berpikir jauh mengenai risiko bisa begitu saja tersingkirkan. Kelalaian ini yang menjadi objek sasaran para pelaku investasi bodong.

"Biasanya kalau sudah tahu imbal hasilnya tinggi mereka jadi tidak logis berpikirnya," katanya.

Untuk itu Rusli mengingatkan kembali agar masyarakat bersikap bijaksana dalam berinvestasi, rasional, dan menghindari tawaran yang memiliki ciri-ciri tersebut. Ia mengatakan apabila ada masyarakat yang ingin bertanya dan melaporkan penipuan investasi bodong bisa menghubungi layanan konsumen OJK melalui nomor telpon 1-500-655 atau melalui surat elektronik konsumen@ojk.go.id 


 


 

VIDEO TIPS BERINVESTASI AMAN , NYAMAN, MENGUNTUNGKAN :

 


8 Tips sukses Mengatur Gaji Untuk Masa Depan Cerah

 
Gajian adalah saat-saat yang menyenangkan bagi semua orang, tidak terkecuali Anda. Anda pasti merasa senang ketika bos Anda memberikan gaji pertama. Atau mungkin Anda akan tersenyum puas saat hasil kerja keras Anda tercetak dalam bentuk nominal menakjubkan di rekening tabungan. Akan tetapi, tunggu dulu. Janganlah Anda berpuas diri dengan menghabiskannya tatkala telah menerima gaji tersebut.
Mungkin selama Anda bekerja, Anda tergiur untuk membeli barang-barang mewah yang tidak terjangkau sebelumnya, misalnya ponsel terbaru, pakaian idaman, atau makan-makan di restoran. Percayalah, bahwa keinginan tersebut hanyalah semu. Masih banyak kebutuhan yang Anda perlu rencanakan. Mungkin memang terlihat abstrak, tetapi percayalah. Anda perlu mengatur gaji Anda sebelum Anda menggunakannya.
Ada beragam hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut ini adalah tips jitu mengatur gaji untuk masa depan Anda. Berikut referensinya.
tips perencana keuangan
1. Buat Prioritas
Saat terima gaji, prioritaskan hal-hal yang wajib Anda penuhi. Pertama adalah tagihan sehari-hari, baik itu tagihan air, gas, listrik, internet, tv kabel dan berbagai keperluan Anda sehari-hari selama sebulan. Pastikan tidak ada tagihan yang terlewatkan. Selanjutnya, bayarlah hutang Anda. Percayalah bahwa membayar hutang adalah hal yang penting untuk Anda lakukan.
Hutang yang berlarut-larut tidak Anda bayar akan membuat perasaan Anda tidak tenang. Selain itu, bagi orang yang Anda hutangi bisa jadi merasa kesal dan tidak ingin meminjamkan uang kepada Anda lagi. Paling menakutkan adalah hubungan Anda dengan orang tersebut dapat berakhir buruk. Jika Anda berhutang dengan pihak bank, penuhilah sesuai tanggal yang ditetapkan. Jangan menunda pembayaran atau Anda justru akan dikenai bunga lebih besar atau bisa jadi tersangkut masalah hukum.

2. Atur Pengeluaran
Atur Pengeluaran Agar Tak Berlebihan via esalesforce.in
Pengeluaran menjadi hal yang tidak terelakkan dalam manajemen finansial Anda. Perhatikan dengan baik pengeluaran yang Anda buat. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat menikmati gaji Anda. Anda tetap perlu dan wajib untuk menikmati hidup. Belilah barang yang Anda butuhkan, namun jangan turuti semua keinginan Anda. Buatlah anggaran pengeluaran maksimal 40%, sudah termasuk dengan pengeluaran untuk memanjakan diri sendiri dan jangan melebihi dari itu. Selain itu, jangan tergiur dengan iklan kredit yang kerapkali Anda temui.
Memang terlihat murah dan menguntungkan. Tetapi percayalah bahwa cicilan sama dengan hutang yang perlu Anda lunasi dan hal itu menghantui Anda selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Untuk itu, sebaiknya belilah barang secara tunai. Caranya, dengan menyisihkan sedikit demi sedikit gaji Anda setiap bulan untuk membeli barang yang Anda inginkan. Jika barang yang Anda beli memiliki nilai yang tinggi, misalnya mobil atau rumah, kreditlah properti tersebut dengan uang muka yang besar.

3. Buat Laporan Keuangan Catat setiap pemasukan dan pengeluaran Anda, termasuk jumlah pengeluaran makanan Anda setiap hari. Terdengar sepele memang, tapi dengan membiasakan diri mencatat laporan keuangan dengan detail, membuat Anda menghargai setiap uang yang Anda keluarkan. Untuk memudahkan Anda, simpanlah dengan rapi struk belanja Anda di amplop tersendiri beserta dengan catatan pengeluaran yang lain.
Selain itu, buatlah manajemen amplop yang berisi uang yang Anda gunakan selama sebulan. Anda harus tepat dan cermat dalam menggunakannya. Angaran dalam amplop tersebut adalah anggaran maksimal yang Anda perlu keluarkan. Jangan pernah menyentuh uang yang ada di rekening Anda atau menarik uang tersebut dari ATM.

4. Menabung 
Sudah menjadi kewajiban Anda untuk menabung. Menabung memiliki banyak manfaat, terutama untuk membangun masa depan Anda. Anda tentu tidak ingin selamanya bekerja bukan? Di hari tua pasti Anda menginginkan ketenangan dan menikmati hari-hari tua Anda dengan melakukan banyak hobi atau berkumpul dengan keluarga. Tentukan target usia Anda bebas finansial. Semakin besar uang yang Anda tabung semakin cepat kemungkinan Anda bebas finansial. Untuk tabungan, minimal Anda perlu menyisihkan 10% dari gaji Anda setiap bulannya.
Buatlah rekening tabungan terpisah dengan rekening yang biasa Anda gunakan untuk bertransaksi sehari-hari, baik untuk keperluan belanja atau liburan. Pastikan Anda menggunakan rekening tabungan Anda dengan bijak. Jika Anda tipe orang yang mudah tergiur untuk mengunakan uang, cobalah untuk tidak mengaktifkan layanan kartu ATM pada rekening tabungan Anda. Sehingga akses untuk mengambil uang akan sulit dilakukan.

5. Berinvestasi
Zaman sekarang, Anda perlu untuk meningkatkan penghasilan Anda dengan berinvestasi. Telah terbukti bahwa investasi dapat meningkatkan kesejahteraan finansial Anda. Untuk itu, Anda bisa menyisihkan kira-kira 30% gaji Anda untuk investasi. Jika Anda pikir gaji Anda besar, cobalah untuk berinvestasi dalam bentuk saham atau properti. Namun, Anda juga perlu belajar mengatur dan mengawasinya. Jika modal Anda terbatas, Anda bisa bermain investasi dalam bentuk emas atau deposito.

6. Buat Dana Cadangan
Apa guna dana cadangan? Dana cadangan berguna untuk memfasilitasi Anda ketika terjadi hal-hal di luar dugaan atau sangat mendesak. Salah satu contohnya ketika salah seorang anggota keluarga Anda sakit atau mengalami kecelakaan. Anda dapat memberikan dana tersebut untuk pengobatan. Tetapkan dana cadangan Anda minimal 10% dari gaji Anda.

7. Miliki Asuransi
Asuransi sudah menjadi hal yang wajib Anda sediakan. Dengan asuransi, Anda memproteksi keadaan finansial Anda. Anda tidak akan pernah tahu kejadian di masa depan, entah tiba-tiba Anda mengalami sakit atau kecelakaan. Ada beragam jenis asuransi. Asuransi yang paling penting untuk Anda miliki adalah asuransi kesehatan, rumah, dan kendaraan. Anda beruntung jika perusahaan Anda sudah memproteksi asuransi Anda. Untuk properti berharga, baik itu rumah atau mobil pastikan terus asuransi Anda tetap berjalan. Jangan sampai asuransi itu hanya berlaku ketika Anda mengkreditkan saja. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan, asuransi dapat menjamin keadaan finansial Anda tetap stabil.

8. Sisihkan untuk Amal kegiatan sosial
 Anda  pasti pernah mendengar bahwa semakin banyak Anda memberi, semakin banyak pula yang Anda terima. Begitu pula saat Anda menyisihkan uang Anda untuk beramal. Gunakan presentasi berapa jumlah uang yang dapat Anda sisihkan untuk memberi sesama, misalnya 2,5% untuk gaji Anda sebulan. Lakukan setiap bulannya secara rutin. Dengan beramal, secara otomatis akan membuat Anda merasakan apa arti kehilangan. Sehingga, Anda akan menjadi orang yang tidak terlalu terobsesi dengan uang. Selain itu, berbagi itu indah. Anda dapat membantu meringankan beban orang-orang yang sedang kesulitan.
Untuk beramal, Anda dapat percayakan kepada lembaga amal yang sudah berkompeten mengelola penghasilan untuk amal. Atau bisa jadi, Anda memercayakan orang terdekat untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan, seperti anak-anak yatim piatu atau fakir miskin.


Mari gunakan uang anda dengan bijak untuk masa depan yang penuh harapan dengan cara menabung dan berinvestasi di tempat dan jenis investasi yang aman dan menguntungkan bersama Tabungan 3i-Networks PT. AJ Central Asia Raya Member of Salim Group.


 

KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG

 
Konsep nilai waktu dari uang adalah konsep berkaitan dengan waktu dalam menghitung nilai uang. Artinya, uang yang dimiliki seseorang pada hari ini tidak akan sama nilainya dengan satu tahun yang akan datang. Uang yang diterima sekarang nilainya lebih besar daripada uang yang diterima di masa mendatang. Lebih awal uang anda menghasilkan bunga, lebih cepat bunga tersebut  menghasilkan bunga. Nilai waktu dari uang berkaitan dengan nilai saat ini dan nilai yang akan datang. Suatu jumlah uang tertentu saat ini dinilai untuk waktu yang akan datang maka jumlah uang tersebut harus digandakan dengan tingkat bunga tertentu



Konsep nilai waktu uang pada dasarnya mengungkapkan bahwa uang yang anda terima sekarang berbeda nilainya bila dibandingkan dengan uang yang anda terima satu bulan dari sekarang misalnya.
 
Dalam berinvestasi, seringkali fund manager (pengelola modal) menjanjikan imbal hasil dalam bentuk persentase tertentu. Seorang pemodal kemudian akan mulai menghitung apakah tingkat keuntungan yang ditawarkan sebanding dengan resiko yang dihadapi. Secara esensi, pemodal tersebut hendak menghitung nilai sekarang dari imbal hasil yang dijanjikan di masa depan tersebut terhadap investasi yang tidak beresiko (risk free) misalnya bila disimpan dalam bentuk deposito.

Pengaruh waktu terhadap nilai uang (the time value of  money) di masa yang akan datang menyangkut penanaman dana ke dalam suatu investasi baik investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Berdasarkan pengaruh waktu nilai uang akan berubah di waktu yang akan datang kalau jumlahnya sama, hal ini disebabkan karena perkembangan perekonomian di mana masyarakat semakin tahu arti perkembangan perekonomian dan bagaimana dampaknya terhadap harga-harga secara umum. Oleh karena itu pengertian dari nilai uang terhadap waktu adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.



 

 

INFLASI

Inflasi adalah proses kenaikan harga-harga umum secara terus menerus. Kejadian inflasi akan mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat. Hal ini terjadi dikarenakan dalam inflasi akan terjadi penurunan tingkat pendapatan (Bambang dan Aristanti, 2007).

Pengertian Inflasi adalah suatu keadaan (circumstance) yang mengakibatkan naiknya harga secara umum atau proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (berkesinambungan). Inflasi dengan kata lain merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Inflasi merupakan proses suatu kejadian dan bukan tinggi rendahnya tingkat harga. Sehingga, jangan menganggap kalau tingkat harga tinggi itu berarti inflasi tinggi. Inflasi terjadi kalau proses kenaikan harga yang terus menerus dan saling pengaruh mempengaruhi (Sukwiaty, dkk., 2009).
Dalam pengertian inflasi tersebut terdapat 3 poin penting yaitu:
  1. Dalam inflasi, terjadi kecenderungan peningkatan harga 
  2. Peningkatan harga dalam inflasi terjadi terus menerus  bukan hanya sekali atau dua kali saja dalam suatu waktu saja.
  3. Berhubungan dengan pengertian tingkat harga umum, tidak terbatas pada beberapa komoditas saja ataupun pada satu waktu saja.



 


Fungsi perencanaan keuangan pribadi atau keluarga adalah mengelola keuangan untuk masa depan sedini mungkin dalam mencapai tujuan keuangan , dilakukan secara terencana, teratur dan bijaksana (bisa jadi membutuhkan perencana keuangan. Direncanakan, yang berarti kita dapat mengantisipasi yang akan terjadi di masa yang akan datang . Teratur , yang berarti bahwa kita memiliki cara atau strategi keuangan dengan mempertimbangkan yang prioritas ataukah yang kurang prioritas lebih jelas . Dan mengelola uang dengan bijaksana dapat berarti secara masuk akal atau sesuai nalar , tidak emosional .


Tugas utama dari Perencana Keuangan adalah untuk membantu individu atau keluarga untuk mengembangkan rencana keuangan untuk mencapai tujuan keuangan yang telah atau ditetapkan . Pada hal ini perencanaan keuangan adalah lebih berkaitan dengan keuangan pribadi daripada keuangan perusahaan.

 


Rencana keuangan berisi daftar tujuan keuangan disertai dengan saran tentang cara bagaimana untuk mencapai hal itu , dan tentu saja disesuaikan dengan keadaan seseorang atau keluarga bersangkutan . Itulah sebabnya Perencana keuangan tidak dapat selalu memberikan jawaban secara umum kepada setiap orang .Karena situasi dan kondisi setiap orang berbeda , tujuan yang berbeda , strategi yang berbeda juga . Oleh karena itu penting bagi kita untuk tahu dulu apa yang kita inginkan ( finish point) , dan bagaimana kondisi keuangan kita saat ini ( titik awal ) , dalam rangka menciptakan peta dan jalur dari titik awal ke titik finish ( rencana keuangan ) .

 

Dalam sebuah buku berjudul The Truth About Money , Ric Edelman menjelaskan Sebelas (11) alasan mengapa perencanaan keuangan perlu dilakukan , yaitu karena melalui proses perencanaan keuangan kita lebih bisa untuk :


1.Melindungi diri Anda dan keluarga Anda dari dampak keuangan risiko kecelakaan , penyakit, kematian , dan tuntutan hukum 

2.Mengurangi utang pribadi / keluarga;

3.Membiayai keuangan bila hidup ini tidak lagi dalam rentang usia produktif – terkait dengan tingkat yang lebih tinggi harapan hidup rata rata di suatu  negara

4.Membayar biaya biaya untuk membesarkan anak.

5.Memberikan alokasi pendidikan bagi anak-anak ke perguruan tinggi;

6.Membiayai pernikahan anak kita

7.Untuk membeli kendaraan ;

8.Untuk membeli rumah ;

9.Mampu menentukan gaya hidup yang kita inginkan saat pensiun;

10.Membayar biaya biaya perawatan jangka panjang,

11.Mewariskan kesejahteraan ke generasi selanjutnya ( anak , cucu , dll )

 



Daftar tujuan keuangan diatas dapat ditambahkan sesuai dengan kepentingan masing-masing yang mungkin saja bisa sangat bervariasi . Pada intinya perencanaan keuangan ini penting karena tanpa perencanaan yang tepat , hidup seseorang akan menjadi lebih sulit dan tidak memiliki arah atau tujuan yang jelas . Bahkan di Indonesia masih sangat sedikit keluarga yang memiliki rencana finansial.

Faktor yang mempengaruhi hal itu dikarenakan, antara lain :


1.Tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas dan cenderung menghabiskan uang untuk memenuhi keinginan jangka pendek .

2.Kendala waktu .

3.Keterbatasan ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana mengelola keuangan keluarga dengan baik.

4.Tidak dapat memilih produk investasi yang lebih beragam , aman dan menguntungkan

5.Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menabung dan berinvestasi untuk masa depan.

 

Untuk itulah alasan mengapa Financial Planner atau perencana Keuangan profesional itu dibutuhkan , yang perannya adalah untuk membantu keluarga yang masih memiliki keterbatasan keterbatasan tersebut diatas agar bisa tetap memiliki rencana keuangan.

www.tabunganinvestasi.com

 

 


 

STRATEGI CERDAS ATUR PENDAPATAN BAGI KARYAWAN

 

Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan pada suatu perusahaan, hari gajian menjadi saat yang selalu ditunggu-tunggu setiap bulannya. Ketika dana masuk ke dalam rekening pribadi, tentunya segala kebutuhan rumah tangga bisa segera dipenuhi.

Meskipun begitu, banyak yang sering mengeluhkan kehabisan penghasilannya di minggu-minggu awal,  padahal rata-rata penghasilan perbulan para karyawan ini cukup tinggi. Problem ini biasanya terjadi karena pengelolaan keuangan yang kurang baik, ditambah lagi dengan porsi belanja lifestyle yang berlebihan.

Salah satu cara mengelola keuangan yang paling sederhana adalah dengan memiliki catatan keuangan sendiri. Selain itu, penempatan penghasilan pada pos-pos tertentu wajib dilakukan pada saat awal gajian untuk menghindari pengeluaran yang tak terkendali. Berikut ini beberapa pos pengeluaran yang penting untuk diperhatikan, khususnya bagi karyawan:

    Pengeluaran Rutin
    Kebutuhan dan biaya hidup setiap orang pastilah berbeda-beda, namun pada dasarnya pengeluaran rutin setiap bulan pasti selalu ada. Biaya untuk belanja makan, bayar listrik, transport, telepon dan internet harus disisihkan dulu sekitar 40% dari total penghasilan.

    Cicilan dan Hutang
    Bagi Anda yang masih mempunyai tanggungan untuk melunasi cicilan tempat tinggal atau kendaraan pribadi, maka sebaiknya jangan melebihi 30% dari penghasilan Anda. Memaksakan diri memiliki berbagai barang tanpa kemampuan yang cukup untuk membayar nantinya malah akan mengganggu kestabilan cash flow Anda.

    Tabungan dan Investasi
    Pos yang satu ini sangat penting untuk persiapan masa depan Anda kelak, karena itu sebaiknya uang untuk tabungan dan investasi disisihkan saat awal menerima gaji. Banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda tiap bulannya. Jumlah yang harus disiapkan untuk ini kurang lebih 20% dari total penghasilan bulanan.


    Pengeluaran Pribadi dan Gaya Hidup
    Sisa 10% dari pos-pos pengeluaran inilah yang boleh disisihkan untuk pengeluaran pribadi Anda. Baik itu hobi, maupun barang-barang yang mendukung lifestyle Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda mempunyai hobi mengumpulkan benda-benda koleksi yang memang punya nilai investasi.

Tentu saja cara-cara ini tidak akan membantu jika tanpa disertai disiplin dan kemauan yang keras dari Anda sendiri. Jadi, ayo mulai cerdas dalam mengatur keuangan, jangan sampai menjadi besar pasak daripada tiang.

SUMBER : http://www.bca.co.id/id/about/insight/perbankan/2014-Okt-29-Cerdas-Atur-Pendapatan/untuk-Karyawan.jsp

 


5 Cara Kelola Uang Agar Masa Pensiun Sejahtera

Di masa yang masih produktif, Anda bisa mengerjakan pekerjaan apapun dengan penuh semangat. Namun, pernahkah Anda memikirkan apa yang akan terjadi pada saat telah memasuki masa pensiun nanti. Mungkin, masa pensiun Anda masih sangat lama, namun lambat laun hal itu pasti akan dialami oleh seorang pekerja.

Sebelum masa pensiun datang, sebagian orang rupanya sudah mulai merencanakan mengenai apa yang mereka akan lakukan saat masa pensiun tiba. Sebagian besar memilih untuk membuka sebuah usaha dan sebagian lagi ada yang masih ingin berkontribusi untuk perusahaannya yang dulu.

Namun, menjadi pengusaha atau bekerja di masa yang sudah tidak produktif lagi rasanya sulit untuk menjadi maksimal. Jika begitu, Anda harus bisa mengelola keuangan dengan baik, agar di masa pensiun Anda masih memiliki keadaan finansial yang cukup baik. Anda perlu mengelola keuangan di masa pensiun, agar hidup anda dan keluarga di masa tua bisa lebih teratur. Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:
pensiuan sejahtera 3i-networks

1. Mulai dengan Menabung dan Investasi
Kegiatan menabung maupun investasi sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hanya saja, sebagian dari kita sering mengacuhkan kedua hal tersebut dengan alasan membutuhkan budget yang besar untuk bisa memenuhi tabungan maupun investasi semacam itu. Padahal, menabung sejak dari dulu sudah terbukti mampu menjadikan penabungnya dapat memenuhi segala kebutuhan dirinya sendiri dan keluarganya. Begitu juga dengan investasi.

Saat ini ada banyak investasi yang ditawarkan oleh lembaga keuangan maupun lembaga resmi tertentu yang sifatnya menguntungkan bagi para nasabahnya. Investasi seperti ini juga bisa membantu anda mendapatkan uang yang berlebih untuk cadangan masa depan.
Investasi ini juga bisa dilakukan dengan berbisnis yang sekiranya bisa menguntungkan. Kedua kegiatan ini adalah kegiatan dasar untuk mengelola keuangan anda menjelang hari tua nanti.

2. Membuat Rencana Keuangan 
Mungkin, sebagian besar dari kita masih merasa rumit saat ingin mencatat transaksi keuangan sederhana dalam rumah tangga, seperti pemasukan dan pengeluaran. Tidak hanya itu, ada beberapa jenis usaha yang juga tidak menggunakan pencatatan keuangan khusus, sehingga keuntungan yang didapat masih berupa perkiraan sementara, belum ada catatan pasti.
Sama halnya seperti bisnis yang sebaiknya memiliki pencatatan, Anda pribadi juga sebisa mungkin harus membuat catatan keuangan untuk setiap transaksi yang dilakukan paling tidak di setiap bulannya. Dengan begitu Anda mampu mengurangi pengeluaran yang dirasa tidak perlu untuk setiap bulannya dan tabungan mungkin akan bisa bertambah lagi.

3. Segera Lunasi Utang
Mempunyai utang adalah ketakutan tersendiri yang bisa membuat hidup menjadi kurang nyaman tidak hanya saat ini, tapi juga di masa depan nanti. Apalagi jika utang tersebut ada dalam jumlah yang sangat besar yang untuk melunasinya memerlukan banyak waktu. Usahakan, di saat usia produktif Anda saat ini, jika Anda memang memiliki utang segera dilunasi agar segera lunas dalam tempo waktu tertentu. Tentunya Anda tidak harus membayar utang saat nanti di masa pensiun, di mana keadaan finansial Anda mungkin tidak seperti dulu. 

4. Menyiapkan Dana Darurat
Satu hal yang tidak kalah penting yang juga selalu dianggap tidak perlu oleh sebagian orang adalah memiliki cadangan dana darurat. Siapa yang bisa menebak apa yang akan terjadi pada hidup kita masa yang akan datang.
Tertimpa bencana atau pun mengalami kecelakaan hal-hal tersebut sewaktu-waktu bisa saja terjadi pada kita. Sebaiknya Anda menyiapkan dana darurat yang bisa diatur sendiri jumlahnya.

Dana ini akan sangat membantu saat kita benar-benar membutuhkannya, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan tabungan terlebih dulu. Selain itu, Anda bisa juga mengikuti program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. 

5. Jangan Hanya Berencana
Semua rencana ini memang terlihat mudah untuk dikatakan, namun Anda harus yakinkan pada diri sendiri bahwa rencana-rencana tersebut akan segera dilakukan mulai sekarang, agar di masa pensiun nanti semuanya akan lebih baik lagi. Dengan menjalankan rencana keuangan, banyak menabung atau investasi dan juga menyiapkan dana darurat, setidaknya Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum masa tua datang.

 


 

TABUNGAN INVESTASI REKSADANA

 

Reksadana menurut Pasal 1 angka 27 UU No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (“UUPM”) adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.


Reksa dana merupakan suatu produk investasi yang berkembang pesat dalam beberapa tahun ini. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang belum paham.

Sebagai gambaran, dengan jumlah penduduk mencapai 250 juta, jumlah investor reksa dana aktif diperkirakan baru sekitar 240.000 orang.

 
Berdasarkan definisi di atas,  reksa dana adalah:
Wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal.
Menghimpun dana dari masyarakat bukan perkara main-main. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara ketat sudah mengatur jenis perusahaan seperti apa saja yang dapat melakukan kegiatan penghimpunan dana, antara lain seperti bank, asuransi, dana pensiun, pegadaian, multifinance, dan pasar modal.

Reksa dana merupakan produk dari perusahaan yang masuk dalam kategori pasar modal yang diawasi oleh OJK sehingga bisa melakukan kegiatan penghimpunan dana dari masyarakat.

Banyaknya berita investasi bodong yang marak belakangan ini, kebanyakan berasal dari penghimpunan dana ilegal yang dilakukan oleh perusahaan dan oknum yang tidak terdaftar dalam OJK.

Diinvestasikan kembali dalam portofolio efek
Dalam kesehariannya, manusia menggunakan produk dan jasa dari berbagai perusahaan. Sebagai gambaran:
Ketika bangun tidur, kita mandi dan menggunakan produk seperti odol dan sabun. Salah satu produsennya adalah Unilever. Waktu berangkat kerja, menggunakan kendaraan mobil yang diproduksi oleh Astra Internasional. Perjalanan ke kantor menggunakan jalan tol yang dimiliki Jasa Marga. Untuk membayar biaya tol menggunakan kartu e-Money yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri.

Nama-nama perusahaan di atas seperti Unilever, Astra Internasionl, Jasa Marga dan Bank Mandiri adalah perusahaan terbuka yang salah satu sumber pendanaan perusahaan berasal dari penerbitan efek saham dan obligasi.

Efek saham adalah surat berharga yang menyatakan kepemilikan suatu perusahaan. Dengan berinvestasi pada saham berarti seseorang menjadi pemilik perusahaan.

Efek obligasi adalah surat berharga yang menyatakan bukti hutang suatu perusahaan. Dengan berinvestasi pada obligasi berarti seseorang memberikan pinjaman kepada perusahaan.

Dana yang dihimpun dari masyarakat tersebut diinvestasikan dalam efek saham dan efek obligasi. Karena memiliki beberapa efek sekaligus, maka disebut portofolio efek.

Oleh Manajer Investasi
Kegiatan investasi tentunya harus dilakukan oleh pihak yang memiliki keahlian dan mendedikasikan semua waktunya untuk hal tersebut. Dalam UU PM, pihak itu disebut Manajer Investasi (MI).

Bagi masyarakat awam, Manajer Investasi sering dipersepsikan sebagai orang. Hal itu kurang tepat, karena MI pada dasarnya adalah perusahaan.

Umumnya, perusahaan yang melakukan kegiatan usaha ini memiliki nama Manajemen Investasi, Investment Management atau Asset Management pada nama perusahaannya. Contohnya: Danareksa Investment Management, Panin Asset Management, Mandiri Manajemen Investasi, dan Manulife Asset Management.

Perusahaan yang mendapat izin disebut Manajer Investasi (MI), sementara izin bagi personel yang bekerja di perusahaan disebut Wakil Manajer Investasi (WMI).

Izin untuk MI dan WMI diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Prosesnya juga tidak sederhana karena ada berbagai rangkaian fit and proper test untuk memastikan bahwa penerima izin memiliki kemampuan dan integritas.

Melalui reksa dana, masyarakat dapat berinvestasi pada perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia melalui perantaraan Manajer Investasi. Dengan demikian, ketika perusahaan tersebut berkembang dan membagikan keuntungan, masyarakat bisa ikut menikmati hasil pertumbuhan tersebut.


 

TANYA JAWAB TENTANG PROGRAM TABUNGAN  3I-NETWORKS 

3i-networks


TANYA : Apa itu 3i -Networks?
JAWAB : 3i-Networks adalah Program resmi yang dikeluarkan oleh PT. AJ Central Asia Raya – Salim Group (Komisaris Anthony Salim) yang berfokus pada investasi (tabungan reksadana) dengan sistem marketing “Nasabah get Nasabah” dan anda tidak perlu jadi agen di program ini. 3i-Networks  adalah salah satu kemasan dari produk asuransi Unit Link dari PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya (AJ CAR) yang berdiri sejak 30 April 1975, bernaung di bawah Salim Group yang dipimpin oleh Anthoni Salim, diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terdaftar dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Program 3i Network adalah suatu sistem AKB (Asuransi Kemitraan Bersama) yang merupakan penggabungan antara Bisnis Network Marketing dan Bisnis Asuransi Jiwa. Pada produk ini yang di gunakan adalah hanya tabungan investasi dan proteksi asuransi jiwa.

Memiliki tabungan investasi itu sudah biasa, memiliki asuransi juga sudah biasa namun apabila keduanya itu berpotensi GRATIS itu baru LUAR BIASA !!! 

Bersama “3i Network” kita Menabung/bayar premi CARLink Pro sebesar 350 ribu/bulan selama 5 tahun dan kita mendapatkan 3 manfaat sekaligus yaitu : 

  1. Investment, Tabungan Investasi Serbaguna dengan bunga antara 14-20% sampai usia 74 tahun
  2. Insurance, Proteksi Asuransi Jiwa senilai Rp 21.000.000,-
  3. Income, Memiliki Bisnis dengan potensi pendapatan 300jt/bulan, dengan merefferensikan 3 orang saja.

Jalankan bisnisnya dengan mereferensikan cukup ke 3 orang untuk ikut menabung di program ini, dengan cara yang sama ke tiga orang ini juga mereferensikan ke tiga temannya begitu seterusnya dan apabila jaringannya sudah berkembang maka kita tidak perlu keluar uang lagi untuk bayar premi/tabungan karena INCOME yang kita dapatkan sudah bisa melebihi kewajiban premi/tabungan yang harus kita bayarkan. Jadi kita bisa memiliki Investasi dan Asuransi GRATIS kan ???. Bukan hanya gratis bahkan kita memiliki sumber pengahasilan bulanan yang luar biasa.

Apakah kita wajib mencari referensi ? tentu saja tidak.... walaupun tidak mereferensikan satu orang pun kita masih memiliki hak atas Investasi dan Asuransi yang telah kita bayar. Tapi kalau berpotensi gratis mengapa tidak kita jalankan bisnisnya ? karena kita akan memiliki tambahan penghasilan sekaligus menolong orang yang belum memiliki penghasilan yang cukup.

Dalam produk “3i Network” kita bukan sebagai agent tapi hanya sebagai nasabah. Bedanya adalah kalau seorang Agent asuransi harus lulus AAJI dan menguasai seluruh produk yang dimiliki perusahaan Asuransi tempat dia bekerja. Sedangkan di program ini kita tidak perlu menguasai seluruh produk yang dimiliki oleh perusahaan CAR dan tidak perlu terdaftar AAJI. Jadi ada perbedaan antara produk asuransi ini dengan produk asuransi pada umumnya.

INCOME yang kita dapatkan dari mereferensikan teman untuk ikut dalam bisnis ini adalah komisi yang umumnya dibayarkan ke Agent. Namun di Program “3i NetworkS” komisi tidak ke agent tapi ke nasabah yang mereferensikan. Setiap nasabah yang bergabung karena Refferensi dari kita maka kita akan mendapatkan komisi setiap bulan selama 3 tahun. Selain bonus referensi ada juga bonus-bonus lainnya yang bisa kita dapatkan setiap bulannya. 

 

TANYA: Apakah program CAR 3i-Networks ini program MLM ?
Apakah CAR 3i Networks terdaftar sebagai anggota APLI ?
JAWAB: Program CAR 3i-Networks bukan MLM (Multi Level Marketing) dan karena bukan perusahaan MLM tentu saja tidak perlu jadi anggota APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia).

 

TANYA: Apakah program 3i-Networks resmi dari perusahaan? Bagaimana dengan legalitas program 3i Networks ?
JAWAB: Ya benar, program 3i Networks adalah program resmi yang dikeluarkan oleh PT. AJ Central Asia Raya dan bukan program yang dibentuk oleh agen perorangan. Karena merupakan program dari perusahaan maka legalitasnya mengikuti legalitas perusahaan PT. AJ Central Asia Raya yang sudah berdiri sejak tahun 1975. Untuk programnya bisa dicek langsung dengan cara menelpon ke kantor pusat PT. AJ Central Asia Raya atau ke kantor-kantor cabangnya di seluruh Indonesia tentang kebenaran kalau program 3i Networks adalah program resmi dari perusahaan.
PT.AJ Central Asia Raya adalah lembaga asuransi yang sudah terdaftar resmi di
1. AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia)
2. OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
(bisa dicek langsung di website resmi perusahaan: www.car.co.id dan www.3i-networks.com )

 

TANYA : Apakah 3i-Networks ini hanya berlaku di salah satu agency atau bagaimana?
JAWAB : 3i-Networks sudah diakui di seluruh kantor PT A.J. CAR di seluruh Indonesia sementara pendaftaran member melalui mitra nasabah / Leader 3i-Networks

 

TANYA : Sudah berapa lama program CAR 3i-Networks ini?
JAWAB : PT A.J. CAR sendiri sudah puluhan tahun berdiri, yaitu mulai tahun 1975. Sedangkan program 3i Networks ini baru dilakukan soft launching pada tanggal 16 januari 2014.


KEANGGOTAAN DI CAR 3i-NETWORKS
TANYA: Bolehkah satu orang membeli beberapa polis untuk tertanggung anak-anaknya yang masih kecil dan memiliki beberapa titik keanggotaan di Car 3i Network?
JAWAB: TIDAK BOLEH. Di CAR 3i Network satu orang hanya boleh memiliki satu titik keanggotaan/satu nomor id member untuk hak bisnisnya. Anda boleh memiliki polis lebih dari satu dengan tertanggung berbeda beda, dan itu dianggap sebagai penambahan polis pribadi.

 

TANYA: Bisakah kita mengajak orang luar (warga negara asing) untuk ikut program Car 3i-Networks ?
JAWAB: TIDAK BISA. Program Car 3i-Networkss hanya untuk penduduk Indonesia.

 

USIA MASUK PEMILIK POLIS/TERTANGGUNG/ANGGOTA 3i-NETWORKS
TANYA: Umur berapakah seseorang bisa menjadi pemilik polis CAR?
JAWAB: Usia pemilik polis minimal adalah 17 tahun dan telah memiliki KTP.

 

TANYA: Sampai batas usia berapa seseorang bisa menjadi pemilik polis CAR dan menjadi anggota program 3i Networks?
JAWAB: Batas usia maksimal sebagai pemilik polis adalah 65 tahun ketika mengajukan SPAJ.

 

TANYA: Umur berapakah seseorang bisa menjadi tertanggung di program CAR ?
JAWAB: Usia masuk calon tertanggung di program CAR adalah mulai 1 tahun hingga 60 tahun

 

TANYA: Umur berapa bulan bayi bisa jadi tertanggung?
JAWAB: Untuk bayi minimal harus sudah berusia 6 bulan (dihitung sebagai usia 1 tahun)

 

TANYA: Bagaimana cara menghitung usia calon tertanggung? Pembulatan ke atas atau pembulatan ke bawah ?
JAWAB: Kelebihan usia di atas 6 bulan di program CAR dibulatkan ke atas, dan kelebihan di bawah 6 bulan dibulatkan ke bawah. Contoh: usia calon tertanggung adalah 32 tahun 4 bulan, maka dianggap sebagai usia masuk 32 tahun. Contoh lain: usia calon tertanggung adalah 32 tahun 7 bulan, maka dimasukkan sebagai usia masuk 33 tahun. Untuk bayi antara 6 bulan hingga 15 bulan dianggap sebagai usia masuk 1 tahun, dan bayi usia 1 tahun 7 bulan dimasukkan sebagai usia 2 tahun.

 

PENCAIRAN TABUNGAN & ASURANSI/KLAIM
TANYA: Bagaimana cara mencairkan tabungan-asuransi (klaim) ?
JAWAB: Untuk proses klaim anda bisa mendapatkan formulir klaim dengan menghubungi kantor layanan nasabah CAR terdekat di kota anda. Adapun Dokumen / Persyaratan Klaim yang diperlukan antara lain : 
1. Polis Asli
2. Fotocopy Identitas diri (KTP/Passport) Pemegang Polis & Tertanggung 
3. Formulir Pemberitahuan Klaim Meninggal
4. Surat Kuasa
5. Surat Keterangan Kematian dari instansi berwenang
6. Surat Keterangan Dokter mengenai sebab-sebab meninggalnya Tertanggung
7. Surat keterangan dari Kepolisian dalam hal terjadi kecelakaan lalu lintas atau peristiwa-peristiwa yang patut di duga terdapat unsur pidana
Untuk klaim tabungan cukup point 1 dan 2, sedangkan untuk mendapatkan dana santunan meninggal dengan menambahkan point 3,4,5,6 dan 7 jika meninggal akibat kecelakaan

 

TANYA: Bagaimana cara mengajukan klaim ?
JAWAB : Pengajuan klaim harus diberikan kepada Penanggung paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak hari/tanggal kejadian / perawatan berakhir / meninggal dunia.
Dokumen-dokumen kelengkapan berkas klaim dapat ditujukan ke Layanan Nasabah CAR terdekat di kota Anda, atau ke Layanan Nasabah CAR Pusat (Wisma CAR Life, Jl. Gelong Baru Utara No. 5-8, Jakarta Barat 11440). Mintalah Tanda Terima atas penyerahan berkas klaim yang Anda lakukan. Selanjutnya berkas klaim akan dianalisa lebih lanjut. Untuk Anda ketahui, penanggung berhak meminta kelengkapan dokumen lain bila dipandang perlu.

 

TANYA: Bagaimana Pembayaran Klaim ke nasabah ?
JAWAB: Pembayaran klaim akan ditransferkan ke rekening Pemegang Polis sesuai tertera pada Formulir Pengajuan Klaim. Kecuali untuk klaim meninggal dunia, pembayaran klaim akan ditransferkan ke rekening Ahli Waris. Apabila ada beberapa Ahli Waris, maka masing-masing Ahli Waris dapat menunjuk seorang wakilnya untuk menerima pembayaran klaim dengan melampirkan surat kuasa bermaterai (hubungi Layanan Nasabah CAR terdekat untuk mendapatkan draft surat kuasa).Jangan lupa untuk mencantumkan secara lengkap nama serta nomor rekening untuk proses pembayaran klaim dan pastikan ejaan nama Anda sama dengan yang tercantum di buku rekening.


TABUNGAN AJAIB 3i-Networks (INVESTMENT, INSURANCE, INCOME)
TANYA: Asuransi yang saya dapatkan apa saja ?
JAWAB : Anda akan mendapatkan Asuransi Jiwa berupa dana santunan Uang Pertanggungan (UP) sebesar Rp 21 juta dan 42 juta. Tergantung jenis paket tabungan yang anda pilih, jika Rp 350.000,-/ bulan untuk UP 21 juta dan paket tabungan Rp 700.000,- untuk UP 42 juta  serta tabungan Rp 1.000.000 untuk UP 60 juta

 

TANYA : Hospital, rumah sakit, sakit kritis, rider, dan lain-lainnya apakah ada?
JAWAB : Program 3i Networks difokuskan ke tabungan multiguna (reksadana) saja, dan tabungan ini bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan mendadak dan bisa ditarik sewaktu-waktu setelah tahun ke-5. Jika untuk asuransi umum seperti hospital, sakit kritis, kecelakaan dan lainnya, agen resmi kami bisa membantu kalau anda menginginkan produk tersebut bersama PT A.J. Central Asia Raya.

 

TANYA: Berapa lama menabungnya? Amankah?
JAWAB : Menabung selama 5 tahun. Dan pada akhir menabung uang tabungan bisa diambil semuanya atau diambil sebagian, sisanya untuk di investasikan yang tentunya akan di kembangkan oleh perusahaan untuk hasil yang lebih besar yang bisa kita manfaatkan sampai usia max di 75 tahun.
Untuk keamanan pastinya Sangat Aman, di bawah bendera Salim Group perusahaan raksasa yang mempunya saham terbesar di Indofood, Bogasari, BCA, Djarum, Pepsi Cola, Wings dan lainnya dan juga di bawah pengawasan lembaga AAJI dan OJK

 

TANYA : Apakah ini Unitlink?
JAWAB : Ya betul ini unitlink yang disebut dengan CARlink Pro Mixed (reksadana), dimana dana kita akan masuk ke equity, yang mana pada tahun lalu saja kenaikan equity sebesar 20%. Informasi lebih lengkap bisa ditanyakan ke kantor layanan nasabah terdekat di kota anda.

 

TANYA : Ada biaya Akuisisi/Potongan administrasi ?
JAWAB : Jelas ada, sekarang ini untuk akuisisi disini cukup kecil sehingga nilai investasi nasabah cukup besar. Untuk persentase akuisisi bisa dilihat di Buku Ilustrasi (Starterkit)

 

TANYA : Kalau saya sudah bergabung apa saya bisa mengecek mitra / downline yang ada di bawah saya ?
JAWAB : Tentu Anda bisa, nanti Anda akan di berikan username dan password untuk login ke website www.3i-networks.com di halaman member area Anda bisa melihat di mana posisi downline Anda, dan bisa melihat mana downline Anda yang butuh limpahan spill over downline dari Anda.


TANYA: Kalau saya sudah bergabung di bisnis 3i-networks ini , lalu saya sudah memiliki 3 mitra downline di bawah saya, dan kemudian saya mendapat kan orang ke 4,apakah orang ke 4 ini saya letakkan di bawah saya ?
JAWAB : Anda hanya butuh 3 orang di bawah Anda untuk membuat sistem ini bekerja menghasilkan uang untuk Anda, dengan kata lain bila Anda mendapatkan orang ke 4 yang ingin bergabung langsung di bawah Anda itu tidak bisa, Anda hanya bisa menempatkan orang ke 4 dan seterusnya di bawah downline anda yang sudah bergabung duluan dengan tusuk sate dan tentu saja anda yang akan mesnponsorinya dan bonus juga masuk ke anda.

 

TANYA: Berapa lama setelah pendaftaran nomor polis saya keluar dan saya bisa login ke website nya untuk mengecek jaringan saya ?
JAWAB : Nomor polis akan keluar dalam waktu 1 bulan, (anda menerima pemberitahuan terlebih dahulu dengan sms dari PT. AJ Central Asia Raya), setelah nomor polis keluar baru Anda bisa dapat login ke website untuk mengecek jaringan Anda.

 

TANYA: Setiap hari apa saya membayar premi Rp. 350,000 setiap bulan tersebut ?
JAWAB: Premi di bayarkan sebelum tanggal 25 setiap bulannya

 

TANYA: Kapan saya bisa mendapatkan bonus saya ?
JAWAB: Tutup buku di CAR adalah tanggal 25, sedangkan tanggal 26 adalah awal bulannya. Jadi kalau Anda mendapatkan downline sebelum tanggal 25 , maka bulan berikut nya antara tanggal 20 sampai 25 Anda sudah dapat bonus Anda dengan di transfer langsung ke Rekening Anda. Kalau Anda mendapatkan downline setelah tanggal 26, maka Bonus Anda akan di bayarkan bulan ke dua di antara tanggal 20 sampai 25 sudah di transfer ke rekening Anda langsung.
Contoh 1 : Tanggal 24 Januari Anda mendaftarkan 3 downline, Maka bonus Anda akan di transfer antara tanggal 20 sampai 25 February
Contoh 2: Kalau Anda mendaftarkan downline Anda tanggal 26 Januari, Maka bonus Anda akan di transfer antara tanggal 20 sampai 25 maret.
“Ingat aturan : Tutup buku di bisnis CAR ini adalah tanggal 25, sedangkan tanggal 26 adalah awal bulannya” 


TANYA: Bagaimana kalau saya tidak bisa mendapatkan 1 mitra atau downline saja di bawah saya, apa yang terjadi ?
JAWAB: Hal ini tidak mungkin, karena di atas Anda pasti ada yang kelebihan downline sehingga mau tidak mau upline Anda harus menghadiahkan limpahan downline ke Anda.

 

TANYA: Baiklah anggap saja saya orang yang tidak beruntung sedunia sehingga upline saya pun tidak ada yang mau menghadiahkan limpahan downline nya?
JAWAB: Ok baiklah saya jawab, Andaikata kemungkinan terburuk nya Anda tidak dapat 1 orang saja downline, maka Anda tetap dapat uang Anda, ingat ini bukan hanya bisnis jaringan, ini adalah tabungan Anda. Dengan kata lain bila Anda tidak bisa dapat 1 orang saja menjadi downline di bawah Anda, maka dalam waktu 5 tahun setelah polis Asuransi anda berakhir Anda bisa mengambil tabungan Anda sebesar Rp.350,000/bulan X 60 ( 5 tahun sama dengan 60 bulan ) = Rp.21,000,000, dan jika anda biarkan uang anda berbunga sampai dengan usia 75 tahun, maka tabungan anda bisa mencapai Ratusan juta (tergantung usia masuk) bisa dilihat di buku ilustrasi Starterkit.

 


                                                                                                                                                                     
Flag Counter

 

       HUBUNGI KAMI :

        MITRA 3I-NETWORKS


      WWW.TABUNGANINVESTASI.COM ADALAH WEBSITE SUPPORT SEBAGAI SARANA PROMOSI ONLINE PRODUK UNIT LINK  3I-NETWORKS PT. AJ CENTRAL ASIA RAYA