Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Financial freedom bukan hanya sekedar untuk menjadi kaya raya

 Pernah dengar istilah financial freedom atau kebebasan finansial, nggak?⁣⁣

Pernah mendengar istilah ‘bekerja keraslah sampai  tak perlu melihat harga saat akan membeli barang mewah?’. Jikalau mengalami yang demikian, seseorang bisa jadi telah mencapai yang namanya kebebasan financial atau financial freedom! 

Financial freedom diperoleh ketika hasil investasi seseorang atau passive income nya telah dapat menghidupi dirinya secara keseluruhan dengan gaya hidup yang mewah!

⁣⁣kebanyakan orang menganggap tingkat kesejahteraan finansial seseorang diukur dan dibedakan menjadi 2 tingkat yaitu kaya dan miskin. 

Perlu diketahui bahwa sebenarnya, terdapat tingkatan yang lebih tepat sekaligus lebih bijak untuk digunakan sebagai parameter dalam menilai kemapanan materi seseorang.

01. Beginner - Financial Dependence
Belum memiliki pengetahuan finansial yang banyak. Biasanya pengeluaran kadang lebih besar dari penghasilan.

02. Competent - Financial Stability
Sudah punya penghasilan yang cukup. Biasa ditandai dengan sudah memiliki dana darurat.

03 Proficient - Financial Security
Penghasilan sudah bisa dialokasikan untuk asuransi dan investasi. Biasanya sudah tidak memiliki hutang konsumtif

04.Expert - Financial Freedom
Sudah memilki pasive income, biasanya juga sudah memiliki imbal hasil dari investasi yang sudah bisa dinikmati.

kebebasan finansial adalah hal yang paling diimpikan semua orang. Biasanya menuju pada kondisi keuangan seseorang yang sudah mampu untuk membiayai kebutuhan utama dan gaya hidupnya sendiri. ⁣⁣Financial freedom menjadi salah satu tujuan yang diimpikan oleh setiap orang. Dengan adanya kebebasan finansial, Anda bisa melakukan dan membeli apapun yang dibutuhkan dan diperlukan.

Secara umum, financial freedom adalah kondisi di mana seseorang mengalami kebebasan dalam finansialnya. Artinya, orang tersebut memiliki kekayaan yang bisa mencukupi segala kebutuhannya tanpa harus bekerja lebih keras.

Bagi mereka yang sudah mencapai kebebasan finansial, maka aset yang dimiliki bisa menghasilkan uang yang nilainya lebih besar dibanding biaya hidup mereka. Oleh karena itu, pentingnya Anda mengetahui dan memahami mengenai pendidikan keuangan.

Mengatur dan mengelola keuangan dengan bijak tentu sudah harus dilakukan sejak dini, tidak heran kalau sejak kecil para orangtua sudah mengajarkan cara menabung melalui celengan maupun menabung di sekolah. Jika diterapkan dengan serius, secara perlahan Anda pasti akan segera mencapai kebebasan finansial di masa mendatang. Pada saat sudah dewasa Apabila anda menyimpan uang di bank, nilainya akan semakin berkurang karena potongan pajak, biaya administrasi hingga inflasi. Maka sebaiknya anda harus mulai berinvestasi. Pilihlah jenis perusahaan yang legalitas terjamin cocok dan tepat bagi anda, bila perlu konsultasikan dahulu dengan orang yang ahli di bidangnya untuk menentukan. Namun, perlu berhati-hati jika ingin melakukan investasi di pasar saham karena berisiko tinggi. Instrumen investasi lainnya, semacam reksadana, obligasi, dan deposito juga bisa menjadi pilihan untuk menggandakan nilai aset.

Tahapan Menuju Financial Freedom Jalan menuju financial freedom sebenarnya kompleks dan berliku. Mengutip artikel Forbes, upaya untuk mewujudkan financial freedom layaknya maraton, bukan lari cepat. Maka untuk mencapai financial freedom perlu sejumlah proses dan waktu yang tidak sebentar. Ada baiknya jika seseorang mulai melakukan langkah-langkah menuju kebebasan finansial, sejak usia muda. Agar lebih mudah memenuhi target kebebasan finansial, sebaiknya membuat strategi target besar tersebut menjadi tahapan-tahapan kecil yang harus digapai. Cara ini bisa membuat proses panjang menuju financial freedom lebih gampang dikelola, dan juga mudah untuk dimulai karena berangkat dari level rendah.

Dengan asumsi Anda senang dengan standar hidup saat masih bekerja, seberapa besar dana yang diperlukan untuk terus menjalaninya di masa pensiun? Jika sudah punya tabungan investasi cukup, serta aset dan pendapatan pasif yang bisa mendukung pensiun dengan gaya hidup yang disukai, hal itu merupakan pencapaian besar menuju financial freedom.

Untuk bisa resign dari pekerjaan, bebas bepergian dan menghabiskan banyak waktu dengan teman maupun keluarga, sekaligus bisa berkeliling dunia, berapa dana pensiun yang Anda butuhkan? Bercita-cita menggapai kondisi pensiun impian seperti itu tidak ada salahnya. Dengan memikirkan hal seperti itu, Anda bisa mempertimbangkan apakah kondisi sekarang sudah layak mendapatkan dana pensiun impian, atau justru ada hambatan untuk mencapainya sebelum usia lansia. Memiliki dana yang cukup untuk menjalani masa pensiun sesuai impian merupakan level tinggi di tahapan financial freedom.

Apapun jenis pekerjaan yang Anda lakukan, maka jalanilah dengan sepenuh hati. Jika bekerja ataupun berbisnis dengan sungguh-sungguh disertai dengan doa dan impian, maka hal itu akan membawa Anda pada kebebasan finansial.

Kebebasan finansial bukanlah soal menjadi kaya raya, tetapi lebih kepada memudahkan kehidupan. Saat Anda mengembangkan potensi diri, prospek karir dan bisnis akan lebih menjanjikan.

Misalnya, Anda bekerja keras untuk mengembangkan diri, nantinya akan mendapatkan posisi karyawan yang lebih baik. Dengan begitu, penghasilan dAnda lebih meningkat bisnis anda akan semakin maju

Nah dari pembahasan di atas dari level 1 hingga 4, kamu sendiri ada di level mana nih?⁣⁣