Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

pertanyaan yang sering diajukan oleh calon mitra Nasabah 3i-Network CAR

 Pertanyaan yang sering diajukan atau Frequently Asked Questions  oleh calon mitra Nasabah 3i-Network CAR Member of Salim Group

Apakah 3i-Networks?

3i-Networks adalah suatu sistem pemasaran asuransi jiwa melalui jaringan keagenan 3i-Networks yang mengajak Nasabah selain mendapat perlindungan (proteksi) dan Investasi, juga penghasilan sebagai agen asuransi jiwa (mengikuti peraturan keagenan yang berlaku dan agen wajib berlisensi dari AAJI) atau sebagai pemberi referensi calon nasabah potensial.

Kepanjangan dari 3i-Networks yaitu :


I: Insurance Asuransi Jiwa Unitlink (Asuransi dan Investasi), dengan Uang Pertanggungan Rp 21.000.000 (dengan premi bulanan Rp 350.000), Uang Pertanggungan Rp 42.000.000 (dengan premi bulanan Rp 700.000), dan Uang Pertanggungan Rp 60.000.000 (dengan premi bulanan Rp 1.000.000)

I: Investment Premi (setelah dikurangi biaya asuransi dan biaya lain) diinvestasikan dalam produk Unitlink, yaitu suatu produk investasi (bukan tabungan murni) dalam pasar uang dan pasar modal yang dikelola oleh manajer investasi terpercaya.

I: Income Penghasilan yang dapat dihasilkan seorang agen asuransi yang berlisensi dari proses bekerjanya 3i-Networks (komisi dan pengahasil-2 lain dr penjualan produk)

N: Networks Jaringan keagenan dalam pemasaran asuransi jiwa yang memberikan nilai tambah bagi Pemegang Polis ketika menjadi bagian dari atau bergabung dalam keagenan 3i-Networks


Apakah jaringan keagenan 3i-Networks adalah MLM?

3i-Networks bukan MLM, karena jaringan keagenan 3i-Networks tidak melakukan penjualan langsung secara multilevel dan jaringan keagenan 3i-Networks tidak memasarkan asuransi secara MLM. Jaringan keagenan 3i-Networks memasarkan produk asuransi jiwa seperti pemasaran asuransi pada umumnya dan dijual oleh seorang agen asuransi yang wajib memiliki lisensi keagenan.


Apakah 3i-Networks legal dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum?

PT AJ Central Asia Raya adalah perusahaan berbadan hukum di Indonesia, berdiri sejak tahun 1975 dengan memiliki ijin usaha yang jelas sebagai member Salim Group, serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Surat keputusan izin usaha nomor : KEP-013/KM.13/1987 Tanggal 18 Desember 1987. Produk asuransi jiwa yang ditawarkan/dipasarkan adalah produk asuransi yang terdaftar di OJK.


Apakah yang dipasarkan dalam 3i-Networks adalah tabungan?

Tidak. 3i-Networks tidak memasarkan tabungan, tetapi memasarkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unitlink.


Produk asuransi (unitlink) apakah yang dijual dalam Program 3i-Networks?

Produk yang dijual saat ini dalam keagenan 3i-Networks adalah Unitlink dengan nama CARlink Pro, tepatnya adalah CARlink Pro- Mixed. CARLink Pro merupakan gabungan dari produk asuransi berjangka (term insurance) dan investasi dimana Pemegang Polis mempunyai kebebasan untuk memilih penempatan Dana Investasi yang disediakan dan dikelola oleh PT AJ Central Asia Raya. Terdapat empat jenis pilihan investasi CARLink Pro:


CARLink Pro Safe

Memberikan hasil investasi yang kompetitif dengan mengutamakan keamanan dan tingkat likuiditas yang tinggi.

CARLink Pro Fixed

Mengoptimalkan hasil investasi dengan menjaga keamanan dan resiko pada tingkat yang dapat diterima (tolerable risk).

CARLink Pro Mixed

Memperoleh hasil investasi yang optimal dalam jangka panjang dengan tetap menjaga tingkat resiko sesuai dengan kondisi ekonomi mikro maupun makro.

CARLink Pro Flexy

Memperoleh hasil investasi yang optimal dalam jangka panjang dengan tetap menjaga portofolio investasi yang terdiri dari saham-saham yang berkualitas dan mempunyai catatan pertumbuhan yang positif.

Kebijakan Investasi CARLink Pro :

Pro Safe Pro Fixed Pro Mixed Pro Flexy

Pasar Uang 100% 0 - 20% 10 - 90% 0 - 20%

Efek Pendapatan Tetap 80 - 100% 10 - 90%

Efek Ekuitas 10 - 90% 80 - 100%

Standard pilihan investasi pada Program 3i-Networks adalah menggunakan CARLink Pro Mixed, namun Nasabah diperkenankan untuk memilih yang lain.


Bagaimana caranya jika saya ingin bergabung dengan Program 3i-Networks?

Jika Anda ingin bergabung dengan Program 3i-Networks Anda dapat mendaftar di https://www.tabunganinvestasi.com/p/pendaftaran-3i-networks.html

Selanjutnya Agen kami akan menjelaskan dan mengarahkan Anda mengenai 3i-Networks


Apakah ada persyaratan usia untuk bergabung dengan Program 3i-Networks ?

Usia minimal adalah 17 tahun (memiliki KTP) dan tidak ada batasan maksimal asalkan masih sehat, berpikiran waras dan dapat beraktifitas untuk melakukan kegiatan.

Sedangkan untuk Pemegang Polis : usia minimal adalah 17 tahun dan maksimal adalah 75 tahun. Dan untuk Calon Tertanggung : usia minimal adalah 1 tahun dan maksimal adalah 59 tahun.


Bolehkah saya membeli Polis dengan premi lebih dari Rp 700.000 per bulan?

Boleh, namun dalam produk yang dijual di 3i-Networks premi maksimalnya adalah Rp. 1.000.000,- . Silakan masuk ke menu product untuk informasi detail.

Siapa yang boleh menjadi Yang Ditunjuk/Beneficiary (Penerima Manfaat) pada Program 3i-Networks?

Ahli waris atau orang/pihak yang mempunyai kepentingan asuransi (insurable interest) atau karena ikatan perkawinan dan hubungan darah (misalnya: isteri, anak, saudara, ayah dan ibu).


Bagaimana jika pemilik ID Program 3i-Networks meninggal dunia?

Penerima Manfaat/Yang Ditunjuk dapat mengklaim Uang Pertanggungan dan Hasil Investasi dari Polis yang dimiliki. ID Pemegang Polis yang meninggal dapat dimiliki salah seorang ahli waris untuk diteruskan sebagai anggota jaringan keagenan 3i-Networks dengan cara membeli Polis baru dan mengaktifkan ID tersebut.


Bagaimana prosedur untuk mengajukan Klaim apabila terjadi resiko asuransi?

Dalam hal Tertanggung meninggal dunia, maka untuk klaim meninggal dunia diperlukan dokumen :


Buku Polis Asli

Fotocopy KTP Pemegang Polis

Fotocopy KTP ahli waris

Fotocopy Kartu Keluarga

Fotocopy Akte kematian /Surat Keterangan meninggal dunia dari Instansi yang berwenang (legalisir)

Surat Kuasa 

Surat Keterangan Dokter 

Formulir Pemberitahuan klaim meninggal dunia 

Surat Kuasa dari semua ahli waris sesuai di polis untuk penerima manfaat klaimnya 


Bagaimana saya bisa mengetahui hasil investasi yang ada pada Polis saya?

Anda dapat mengetahui hasil / saldo investasi Anda melalui beberapa cara berikut :

Laporan Transaksi & Investasi via SMS, yang akan Anda terima ± 4 hari setelah Anda membayar premi

Cabang L@ncar PT AJ Central Asia Raya terdekat.

Fitur Autoreply SMS, silakan ikuti petunjuknya yang dapat dilihat di website www.car.co.id .

User id / id account pada aplikasi Mobiss


Apakah saya dapat menarik investasi yang ada pada Polis saya?

Bisa, investasi dan atau hasil investasi Anda kapan saja dapat ditarik/dicairkan, namun harus menyisakan minimal saldo investasi Rp 1.000.000 dan minimum penarikan adalah Rp 500.000 per transaksi. Jika Anda menarik seluruh investasi Anda maka Polis Anda akan berakhir dan jaringan keagenan 3i-Networks otomatis gugur.


Berkas atau persyaratan apa saja yang dibutuhkan jika saya ingin menarik hasil investasi saya?

Anda harus datang ke kantor cabang PT AJ Central Asia Raya terdekat dengan membawa Polis asli, KTP (asli dan fotocopy) serta mengisi dan menandatangani Form Putus Kontrak (Permohonan Perubahan Unitlink) yang disediakan oleh PT AJ Central Asia Raya. Dalam waktu 7 hari kerja maka dana investasi yang anda ajukan akan ditransfer ke Rekening Anda.


Bagaimana caranya untuk membayar premi yang pertama dan selanjutnya dalam 3i-Networks?

Melalui transfer ke rekening virtual account yang telah ditentukan atau autodebet rekening. Cara pembayaran dapat Anda pelajari ketika Anda bergabung dalam 3i-Networks


Bolehkah saya melunasi premi sekaligus di awal (tidak membayar secara reguler / bulanan)?

Boleh, NAB akan mengikuti nilai pada saat pembayaran sekaligus tersebut. Namun nilai akuisisi dan biaya asuransi tetap dikenakan sebagaimana pembayaran reguler pada biasanya.


Bagaimana jika saya tidak membayar Premi?

Sebagai Pemegang Polis atau Tertanggung, pertanggungan asuransi Anda dapat menjadi lapse atau dibatalkan. Sedangkan sebagai bagian dari jaringan keagenan 3i-Networks, Anda tidak mendapat income jika kewajiban Anda tidak dipenuhi.


Apakah saya bisa melakukan Top Up (untuk menambah dana investasi)?

Bisa, Top Up dapat dilakukan dengan jumlah minimal Rp 500.000 dan maksimal Rp 10.000.000.000, dengan alokasi investasi sebesar 95%.


Bagaimana jika saya mendapatkan tawaran investasi yang lebih besar dalam waktu singkat dari seorang agen?

Anda harus berhati-hati terhadap penawaran investasi yang menjanjikan hasil yang besar dalam waktu singkat. Anda sebaiknya menghubungi kami sebelum membeli produk PT AJ Central Asia Raya yang ditawarkan. Pastikan yang melakukan penawaran harus memiliki Sertifikat Agen Asuransi serta khusus untuk produk Unitlink (Asuransi & Investasi), selain sertifikat keagenan pihak yang melakukan penawaran harus memiliki Sertifikat Khusus Unitlink. Dengan demikian, yang bersangkutan memiliki pemahaman yang baik untuk menjelaskan manfaat, resiko dan biaya atas produk yang ditawarkan.


;